Radio Madrasah (RAMAD)

Tower Ramad FMRadio adalah salah satu media masa, media informasi dan juga media komunikasi. Radio menyampaikan informasi dengan bahasa lisan dan media auditif (pendengaran) sebagai penerima sehingga, radio dapat didengar oleh semua orang dan kalangan termasuk penyandang buta aksara (buta huruf ) dan visual.

Radio merupakan sarana tercepat dalam menyampaikan sebuah informasi tak terbatas oleh ruang dan waktu. Selain itu, radio juga dapat di dengar sampai ke pelosok daerah yang belum terjangkau oleh listrik sekalipun. Walaupun radio tidak dapat memberikan gambaran visual secara mendetail namun, disitulah letak keistimewaan radio sebenarnya. Karena hanya radiolah satu-satunya media komunikasi yang dapat menciptakan gambar di ruang imajinasi pendengarnya, karena pesan yang bersifat selintas dan dengan penyampaian informasi yang mendetail serta jelas dari penyiar dapat membangkitkan pendengar untuk berimajinasi.

Asal mula adanya sebuah radio didasari oleh sebuah penemuan-penemuan di bidang fisika pada Abad XIX M. Gaglieso Marconi, ilmuwan Italia, diakui sebagai “penemu pesawat radio”. Pada awal tahun 1890-an beliau mempelajari ilmu- ilmu dasar temuan para ilmuwan sebelumnya dan berusaha mengembangkan dan menerapkannya. Hasilnya, peralatan transmitter (pengirim) dan receiver ciptaannya tersebut mampu mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa kawat.

Pada tahun 1918, Edwin H Amstrong dari Universitas Kolombia mengembangkan alat penerima gelombang radio, yang biasa disebut Super heterodyne circuit. Pada 1933 Amstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation), yang memberi penerimaan jernih meskipun ada badai dan menawarkan ketepatan suara yang tinggi yang sebelumnya belum ada. Namun, ia keburu meninggal dunia sebelum sempat melihat bagaimana kesuksesan penemuaannya sekarang ini.

Teknologi radio sebagai media siaran umum mulai dikenal setelah peristiwa tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic pada 1912. Penderitaan para penumpang tersebut diceritakan melalui media ini. Sehingga menimbulkan penghargaan khalayak terhadap media radio, yang kemudia dikenal sebagai telegram tanpa kabel (wireless telegraph). Baru pada tahun 1920an. Media tanpa kabel ini dikenal dengan nama “radio” (Olii, Helena, 2006)

  • Peran dan Fungsi radio

Apa sih fungsi dan peran radio itu sebenarnya?.

Sebagai media informasi dan komunikasi adalah suatu peran yang dimiliki oleh radio sedangkan fungsinya adalah untuk menyalurkan informasi dari sumbernya ke para penggunanya (pendengar). Selain itu masih banyak lagi peran dan fungsi dari radio antaralain, yaitu:

  1. Radio dapat berperan sebagai media perdamaian dengan dengan menjalankan fungsinya yaitu berempati & menyuarakan semua pihak, melihat konflik sebagai masalah dan proaktif untuk pencegahan lanjutan serta fokus pada dampak yang tak terlihat. Serta membeberkan ketidakbenaran dari semua sisi dan mengungkap kebohongan yang ditutup-tutupi.
  2. Radio berperan sebagai media pendidikan dapat memberikan atau menyebarkan ilmu pengetahuan ke daerah-daerah plosok sekalipun yang tidak dapat dijangkau alat transportasi.
  3. Radio juga berperan sebagai Media Informasi dan Komunikasi yang menyampaikan pesan (informasi) dari penyiar ke pendengar sehingga diharapkan terjadi perubahan prilaku/pemahaman pada pendengar.
  4. Terakhir radio berperan sebagai media hiburan melalui lagu-lagu dan cerita yang diputar atau disampaikan.

Dengan demikian tidaklah salah jika saya mendirikan radio di Madrasah Aliyah Al-Muthmainnah Ciogong Sindangbarang Cianjur yang kini telah berdiri dengan kokohnya sebuah tower mini disudut halaman madrasah. Tidaklah berlebihan tentunya dengan usaha-usaha saya, kalau melihat dan membaca fungsi dari radio.

Mohon do’a dan dukungannya dari semua fihak agar selama saya berada di Madrasah Aliyah Al-Muthmainnah terutama selama saya menjadi orang yang dituakan untuk memimpin lembaga ini senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT dan sukses selalu dalam melaksanakan aktifitas. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s